Book Review

Sabtu, 05 September 2015

Story Of Skincare 1

Walau udah telat gpplah ya ngucapin "Happy Independence Day Indonesia!" Hahahaha semoga negeri kita ini bebas merdeka dari "penjajah"--> korupsi, kriminalitas, krisis dll.. Ya sama semoga muka gw juga bebas merdeka dari "penjajah" --> jerawat. Iya, jerawat. Lah bersyukurlah kalian semua yang punya kulit wajah normal, dan bahkan untuk kulit wajah normal-kering menurut gw masih okelah daripada berminyak. Kenapa? menurut gw kulit kering masih bisa diatasi dengan menggunakan pelembab / moisturizer. Kalo kulit berminyak mah have many probs lha... mulai dari komedo.. komedo aja udah kayak yin-yang,, ada yang item dan yang putih.. >.< terus jerawat, terus redness, terus kusam karena minyak, terus pori-pori gede! terus kadang gatel! terus ntar jadi gak PD! terus ntar males ngaca! terus jadi males pegi-pegi karena takut debu kena wajah jadi jerawat! terus ntar STRESS! terus ntar makin banyaklah jerawat karena stress! GROAR!

Apakah itu jerawat? Menurut buyut Google, jerawat itu adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Terus apa bedanya sama komedo? IMHO yah, komedo itu cikal bakal jerawat, kalo pori kita udah ketutup minyak ya jadi komedo, kalo gak dibersihin itu komedo bisa berevolusi jadi jerawat!
Ada baiknya kita mengenal jenis-jenis jerawat di muka bumi ini guys! Dan ini merupakan klasifikasi menurut gw ya.. ingat.. menurut gw....


1. Jerawat biasa.... biasa sih biasa tapi tetep aja menyebalkan.

Jerawat ini timbul karena tersumbatnya pori-pori dan akhirnya jadi jendolan unyu kemerahan dan jika ditekan terasa nyeri. Gw mengalami jerawat begini before, during and after my period. Rentan muncul di pipi, dahi dan dagu gw >.<

Biasanya jerawat begini mah cepet hilangnya kalo lu udah pake krim malam, atau pake obat totol jerawat yang mengandung belerang. But, still annoying karena bisa menimbulkan redness disekitar jerawat dan berbekas pula.



2. Komedo

Gw paling sering kedatangan si komedo yin-yang ini di daerah hidung dan pipi dekat hidung. Komedo biasanya terlihat kok! Yang paling terlihat itu black-head, coba lu ngaca terus liat idung lu ada titik-titik item gak? Kalo ada, selamat!! Anda baru saja berjumpa dengan si komedo~ white-head juga biasanya menginap di daerah hidung, paling sering gw temui di cuping hidung >.<

Ada beberapa cara mudah ngangkat komedo yin-yang.. bisa pake pore-pack yang dijual (tapi gw mah sakit uy pake pore-pack), terus pake putih telor (gw ga suka baunya), atau di congkel pas facial. Gw lebih prefer dicongkel pas facial, hoho... paling gak walau banyak yang bilang facial itu tidak baik untuk kulit, IMHO sih gimana tempat facial nya kali ah. Kalo lu dateng ke tempat facial yang terjamin dan terapisnya oke, menurut gw wajib malah facial sebulan sekali aja, terutama yang punya kulit wajah seperti gw. Emang lu mau tuh komedo numpuk trus ujungnya jadi jerawat? Lu bisa gitu ngangkat komedo sendiri pake alat yang dijual di konter stoberi dll? Yang ada malah luka dan iritasi. Kalo di tempat facial kan selesai ekstraksi di HF, masker dan diberi anti iritasi, jadi so far menurut gw facial oke oke aja.. malah membantu sangat!





3. Jerawat batu!

OMG, ini adalah yang paling nggak banget! Dari namanya aja udah serem.. Jerawat batu ini biasanya meradang dan bener-bener nyeri! Di dalamnya berisi nanah karena infeksi. Biasanya jerawat batu ini harus dikeluarkan isinya dulu baru dilanjutkan dengan perawatan. Jerawat batu ukurannya lebih besar dari jerawat biasa, dan kalau salah mencet malah bisa menyebabkan bopeng atau scar.

Nah, gw udah pernah mengalami 3 tipe di atas, tapi untungnya sih gak parah-parah amat... jerawat batu kadang-kadang aja... kalo jerawat biasa dan komedo udah sering mengalami sejak gw SMP kelas 3.. fase paling parah menurut gw waktu gw 2 SMA, itu bener-bener krisis percaya diri >.< Tapi setelah gw lihat di google gw harus bersyukur wajah gw masih jauh lebih baik dari mereka-mereka yang punya jerawat batu gede-gede... 

Sejak kuliah gw pake krim dari dokter.. gw pindah-pindah skincare hahahaha.. mulai dari Dermat*, Ra*a, Mic*elle, Ca*a, dll... <-- kebanyakan dokter dan tempat skincare yang berdomisili di kotaku, kecuali Dermat* yang ada di luar kota. Sejauh gw pindah-pindah skincare, gw paling cocok sama Ra*a. Tapi akhir-akhir ini gw merasa kalo krim malam itu memicu jerawat gw.. okelah ngempesin jerawat dan mengelupaskan kulit sehingga kulit mati terbuang, tapi juga entah mengapa seakan merangsang jerawat gw numbuh lagi.. 

Kemudian tergodalah gw dengan Nano Spray! 

Gw beli nano spray version 2 dari MCI yang original lho! (waktu itu belom ada V3)... Pertama kali pake gw pake air oksigen merk Hexagonal.. terus lanjut ke Evian, tapi karena di kota gw Evian bener-bener rare item, gw beralih pake OXYgen,, and you know what? Nano spray gw ngembun pake air OXYgen.. repot banget mesti di lap tiap kali semprot.. Beberapa bulan kemudian gw baru tahu kalo untuk kulit berminyak dan berjerawat lebih baik tidak menggunakan air yang mengandung oksigen tinggi.. Nah lho!! Gw dikasih rekomen untuk pake air Evian or Cleo aja... Karena Evian is really hard to find, jadinya gw pake Cleo.. murah hahahaha... Nano spray gw sempat rusak sensornya jadi gw servis di Jakarta, di kantor pusat nya.. Kalo yang kita beli Nano Spray asli MCI, begitu ada kerusakkan bisa direparasi di pusat kok! Baiayanya juga standarlah gak mahal... Dan ongkir kembalinya free >.< Setelah gw coba Nano, ya okelah lumayan menyegarkan wajah gw... soal ngempesin jerawat atau nggak, gw susah jawabnya karena gw setelah pake nano, ya gw tetep pake krim dokter... sampai akhirnya gw malas pake nano karena agak repot ya.. semprot semprot terus nunggu wajah kering baru lanjut skincare. 

Akhirnya gw beraniin diri untuk berhenti pake krim malam dan cuma pake semprotan Strong Acid dan Beauty Water. Tahu dong Kangen Water? Kangen Water dengan teknologi dari Jepang yang memiliki bermacam-macam Ph... Nah SA dan BW ini termasuk dalam Kangen Water.. Kalian pasti bisa nemuin banyak merk yang jual SA dan BW.. Gw sendiri tertarik karena Strong Acid diklaim untuk desinfektan wajah.. Bulan-bulan awal, gw suka! Setelah gak pake krim malam dan cuma pake semprotan Acid, gw merasa wajah gw bersih dan gak berjerawat.. 

After a few months,, gw masih repurchase keduanya.. tapi udah semakin agak jarang gw pake.. Menurut gw semprotan untuk BW nya terlalu besar.. Kalo lu udah pernah cobain face mist merk Evian yang banyak dijual di Guardian, bulir airnya jauhhhhhh lebih besar si BW.. sometimes kalo di kantor gw semprot BW, terlalu basah.. Kalo pake face mist Evian, bulir airnya soft banget mirip Nano Spray hahahaha.. Cuma ya harganya itu sebotol kecil Evian face mist bisa IDR 88... Biasanya gw beli pas promo +1000 get 2 di Guardian... hohohoho

Bersambung dulu ah >.<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar